• title 1

    Selamat Datang di Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta.

  • title 2

    Laboratorium Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta.

  • title 3

    Suasana Fasilitas Belajar di Taman Teknik Kimia.

  • title 4

    Student Exchange ke Gifu University, Jepang.

  • title 5

    Kerjasama dengan Industri Geothermal, Supreme Energy.

  • title 6

    Kerjasama Pertamina, Universitas Andalas, dan Universitas Bung Hatta untuk Pilot Plant Precipitated Calcium Carbonate (PCC).

  • title 7

     Program Magang Mahasiswa di PT. Semen Padang dan PT. Pusri

FTI Universitas Bung Hatta Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas ESDM Sumbar, Dinas Pendidikan Sumbar, dan Balitbang Sumbar

FTI Universitas Bung Hatta Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas ESDM Sumbar, Dinas Pendidikan Sumbar, dan Balitbang Sumbar

FTI Universitas Bung Hatta menyelenggarakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas ESDM Sumbar, Dinas Pendidikan Sumbar, dan Balitbang Sumbar. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Sidang Rektor Kampus Proklamator I Ulak Karang Padang, Rabu (9/3/22).

Kegiatan dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Wakil Rektor I, II dan III, Dekan di Lingkungan Universitas Bung Hatta, Wakil Dekan dan Kepala Prodi (Kaprodi) di Lingkungan FTI Universitas Bung Hatta, dan Ka. BPP Universitas Bung Hatta. Sementara itu, dari pihak eksternal, juga hadir Kepala Dinas ESDM Sumbar, Dinas Pendidikan Sumbar, dan Balitbang Sumbar.

 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A. menyampaikan Universitas Bung Hatta mempunyai  Program Studi (Prodi) yang bisa diberdayakan untuk meningkatkan kualitas ekonomi dan pendidikan bagi masyarakat, misalnya Fakultas Teknologi Industri. FTI Universitas Bung Hatta telah mempersiapkan dengan maksimal dalam merealisasikan prodi Teknologi Rekayasa Terbarukan. 

"Di FTI, sekarang sudah ada Program Studi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (D-IV). Pendirian program studi ini merupakan tindak lanjut kerja sama Program Studi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (TRET) di FTI Universitas Bung Hatta dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan PT Supreme Energy. Sinergitas antara Universitas Bung Hatta dengan ESDM, Dinas Pendidikan, Balitbang ini tentu bisa saling menguntungkan dalam mengembangkan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," sebut Tafdil Husni. 

 

Dekan Fakultas Teknologi Industri, Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti,S.T., M.T menuturkan keunggulan mata kuliah yang ditawarkan untuk prodi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan. Selain itu, prodi ini memiliki peranan penting dalam berbagai sektor industri yang memanfaatkan energi terbarukan.

"Di Program Studi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan, mahasiswa mempelajari berbagai macam energi terbarukan, seperti bahan bakar nabati (biofuel), geothermal, energi proses, energi dari biomassa dan biogas, energi listrik, energi mikrohidro, energi surya, pengembangan dan rekayasa energi. Energi terbarukan akan menjadi sumber energi dominan bagi manusia di masa depan karena cadangan sumber energi berbasis fosil semakin berkurang dan akan habis. Pemanfaatan energi terbarukan lebih ramah lingkungan memperkecil dampak negatifnya terhadap perubahan iklim dan memiliki peranan penting dalam berbagai sektor industri yang memanfaatkan energi terbarukan., sebut Prof Reni.

 

Prof.Reni menambahkan lapangan kerja prodi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan sangat luas, diantaranya:

Lapangan kerja lulusan dari TRET ini sangat luas seperti Proses Produksi Biomassa
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPb)
Pembangkit Listrik Tenanga Air
Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
Pembangkit Listrik Tenaga Gas
Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Proses Produksi Biofuel
Industri Manufaktur
Industri Pertambangan
Industri ProsesIndustri Pertanian dan Perkebunan
Industri Bioenergi dan
Sistem Pembangkit Tenaga

 

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Sumbar, Ir. Herry Martinus, M.M. menanggapi Universitas Bung Hatta adalah lembaga pendidikan yang memiliki potensi besar melalui yang ada di dalamnya. Prodi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan memberikan kesempatan bagi anak daerah untuk meningkatkan pengelolaan potensi sumber daya alam dan manusia.

"Universitas Bung Hatta adalah lemabaga pendidikan yang terus berproses menjadi lebih baik. Kami dengan Universitas Bung Hatta terus berkoordinasi untuk menyusun rencana program yang akan dilaksanakan. Tentu, dukungan masyarakat juga dibutuhkan demi terwujudnya cita-cita bersama ini,"imbuhnya.

 

Kepala Badan Balitbang Sumbar, Dr. Ir. Reti Wafda, M. Tp., menyambut baik adanya perjanjian kerja sama antara Universitas Bung Hatta dengan Balitbang ini. Adanya kesepakatan dan perjanjian telah sesuai dengan yang diharapkan.

"Semoga program ini dapat diwujudkan sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam surat perjanjian kerja sama,"ungkapnya.

 

Reti Wafda menambahkan, cukup banyak topik penelitian yang bisa diselesaikan bersama.

"Universitas Bung Hatta tentu memiliki pakar-pakar yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kajian-kajian dan bidang penelitian. (*rr)

 

www.teknikkimia.fti.bunghatta.ac.id

Bersama Bangun Bangsa Cerdas dan Bermartabat

Artikel Terkait

Statistik Pengunjung

Today9
Yesterday97
This week106
This month3894
Total34869

Who Is Online

1
Online

2022-09-27

Lokasi