• title 1

    Selamat Datang di Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta.

  • title 2

    Laboratorium Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta.

  • title 3

    Suasana Fasilitas Belajar di Taman Teknik Kimia.

  • title 4

    Student Exchange ke Gifu University, Jepang.

  • title 5

    Kerjasama dengan Industri Geothermal, Supreme Energy.

  • title 6

    Kerjasama Pertamina, Universitas Andalas, dan Universitas Bung Hatta untuk Pilot Plant Precipitated Calcium Carbonate (PCC).

  • title 7

     Program Magang Mahasiswa di PT. Semen Padang dan PT. Pusri

Terpilih Mengikuti Sakura Science Program, 2 Mahasiswi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Terbang Ke Jepang November Mendatang

Teknikkimiaubh,- Dua orang mahasiswi Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Angkatan 2019, Universitas Bung Hatta terpilih mengikuti program Sakura Science Program 2022 . Mahasiswi tersebut yaitu Umi Ramadhani dan Nafisa Rafikati Nasution. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 15-26 November 2022 di Saga University,Jepang. Dalam program ini juga bergabung mahasiswa dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Minggu (21/08/2022).

 

Sakura Science Program atau dikenal dengan Sakura Program Exchange in Science merupakan suatu program pertukaran pelajar dan mahasiswa dari beberapa negara berkembang ke Jepang dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan pengalaman terkait perkembangan ilmu dan teknologi di Jepang.

 

Prof. Reni menuturkan, terpilihnya dua orang mahasiswi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dalam  Sakura Science Program 2022 berdasarkan evaluasi perkuliahan, komunikasi dan presentasi. Selain itu, Prodi Teknik Kimia juga mendapatkan undangan dari Prof.Dr. Masato Tominaga sebagai guru besar Saga University sebagai aplikasi kerja sama yang telah terjalin beberapa tahun lalu.

 

Sakura Science Program tahun ini adalah undangan dari Prof.Dr. Masato Tominaga sebagai bentuk kerjasama antara Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dengan Saga University Jepang. Berdasarkan evaluasi selama perkuliahan, yakni Indeks Prestasi Kuliah (IPK), sikap, kemampuan beradaptasi, komunikasi dan penyajian bahasa Inggris terpilihlah dua orang mahasiswa untuk mewakili prodi dalam kegiatan tersebut, lanjutnya”.

 

Prof. Reni berharap mahasiswa teknik kimia bukan tergolong mahasiswa yang standar. Dimana, mahasiswa yang memiliki mimpi yang tinggi, tidak mudah menyerah dan pekerja keras. Sehingga mampu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya.

 

“Mahasiswa teknik kimia harus memiliki mimpi yang tinggi, tidak mudah menyerah, bekerja dan belajar dengan keras, serta bangga dengan kuliah di Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. Selain itu, tentukan tekad untuk tidak pernah menjadi mahasiswa standar. Mahasiswa harus terus berusaha dan selalu menunjukkan yang terbaik kepada semua orang agar bisa bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lain.

 

Firdaus, ST, MT, Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, mengungkapkan hadirnya Sakura Science Program Tahun 2022 membuka kesempatan mahasiswa teknik kimia untuk menambah pengalaman. Selain itu mahasiswa yang diutus bisa menjadi duta prodi teknik kimia yang dapat dijadikan sumber semangat mahasiswa lainnya dan mampu menjaring potensi Mahasiswa Baru (maba).

 

Sakura Science Program   memberikan kesempatan bagi mahasiswa teknik kimia Universitas Bung Hatta untuk menimba pengalaman sekaligus membuka jaringan serta peluang studi lanjut. Mahasiswa yang terpilih mengikuti program tersebut, bisa menjadi duta prodi dalam menyemangati adik tingkat untuk meraih prestasi sekaligus menjaring maba potensial,ungkapnya.”

 

Nafisa Rafikati Nasution, Mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2019 yang terpilih mengikuti Sakura Science Program mengungkapkan rasa syukur mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di luar negeri. Ia berharap melalui program tersebut, mampu menghasilkan mahasiswa yang lebih tangguh.

 

“Terpilih untuk mengikuti Program Sains Sakura merupakan kesempatan yang luar biasa bagi saya. Dengan mengikuti program ini saya berkesempatan untuk menimba ilmu di Jepang dengan budaya dan suasana yang berbeda serta akan menghadapi tantangan-tantangan baru dan itu merupakan suatu pengalaman yang berharga bagi saya untuk menjadi mahasiswa yang tangguh lagi,ungkapnya”.

 

Selaras dengan Nafisa, Umi Ramadhani, Mahasiswi Teknik Kimia Angkatan 2019, menuturkan rasa bahagianya diberikan kesempatan untuk bisa menimba ilmu dan menambah pengalamannya terkait pengembangan ilmu dan teknologi.

 

“Melalui kesempatan dan waktu yang diberikan semoga ini dapat meningkatkan pengalaman pembelajaran terkait perkembangan ilmu dan teknologi serta dapat lebih mengasah diri untuk meningkatkan kualitas keahlian yang semakin baik lagi.”

 

LISA APRILIA (Mahasiswa Teknik Kimia Unversitas Bung Hatta)

Prodi dengan predikat Profesionally Accredited IABEE)

 

 

Artikel Terkait

Statistik Pengunjung

Today12
Yesterday97
This week109
This month3897
Total34872

Who Is Online

1
Online

2022-09-27

Lokasi