Sambutan Ketua Program Studi

Selamat datang di website Program Studi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta!

Teknik Kimia Universitas Bung Hatta adalah salah satu Program Studi (Prodi) Teknik Kimia di Indonesia yang berlokasi di Kampus III Jl. Gajahmada no 19 Olo Nanggalo. Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta menawarkan Program Pendidikan Sarjana Strata-1 (S-1) di bidang Teknik Kimia. Lulusan prodi ini akan memiliki gelar Sarjana Teknik (ST) Kimia.

Teknik Kimia adalah salah satu bidang ilmu yang memiliki cakupan luas, meliputi hampir seluruh aspek dalam kehidupan kita sehari-hari. Bidang ilmu Teknik Kimia mempelajari segala aspek yang berkaitan dengan proses mengubah suatu bahan baku menjadi produk jadi yang dapat dikomersialkan dengan mempertimbangkan segala aspek, meliputi aspek sains, teknik, lingkungan, dan ekonomi. Proses konversi suatu bahan baku menjadi produk dapat melibatkan reaksi kimia maupun tidak melibatkan reaksi kimia. Konsep keilmuan yang dibutuhkan dalam menempuh studi di bidang Teknik Kimia meliputi kimia, matematika, fisika, dan biologi.

Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta memiliki sejarah yang cukup panjang sejak berdiri tahun 1994. Hingga saat ini, Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran dan penelitian yang baik dan lengkap guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran para mahasiswa. Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta telah mendapatkan pengakuan akreditasi ‘B’ nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kualitas penjaminan mutu di Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu Prodi dan Fakultas.

Secara umum, proses pembelajaran di Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dilakukan dengan berbagai cara, yaitu: tatap muka, diskusi kelompok dan kelas, praktikum di laboratorium, kegiatan company visit atau kunjungan ke industri, kuliah tamu dari praktisi dan ilmuwan di dalam dan luar negeri, kegiatan pembelajaran jarak jauh atau online distance learning, peningkatan soft skills mahasiswa.

Guna mengantisipasi kebutuhan dunia industri, Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta menyiapkan Kurikulum Revolusi Industri 4.0 Tahun 2019 yang menerapkan Outcome Based Education (OBE) dengan menawarkan 5 mata kuliah pilihan sesuai dengan kebutuhan industri terkini.  Kurikulum dirancang dengan beban 148 SKS (Satuan Kredit Semester) dan dapat diselesaikan normal selama 4 tahun atau 8 semester. Kurikulum saat ini juga telah mengakomodasi beberapa isu terkini seperti : sustainable development, greenhouse gas reduction, pollution prevention, entrepreneurship and technopreneurship, energy efficiency and optimisation, dan food technology.

Penelitian yang dilakukan di lingkungan Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dikelompokkan untuk berdasarkan bidang keahlian dosen sebagai berikut: Teknik Reaksi Kimia, Teknologi Pemisahan, Teknologi Pemrosesan, Bioproses, dan Lingkungan, Teknologi Pemanfaatan Biomassa dan Energi Alternatif, serta Simulasi dan Pemodelan.

Oleh karena itu, jangan ragu bergabung bersama kami di Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta!

Ketua Program Studi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta