Mahasiswa Universitas Bung Hatta Lolos KNMIPA-PT 2021 Tingkat Nasional

MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA LOLOS KNMIPA-PT 2021 TINGKAT NASIONAL

Muhammad Yusrizal mahasiswa Universitas Bung Hatta program studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri  (FTI) angkatan 2019, lolos pada Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA-PT) tahun 2021. Berkas pengumuman hasil seleksi dilampirkan pada tangggal 03 Juli 2021, Senin (05/07/2021).

KNMIPA-PT merupakan perlombaan bidang sains yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia.  Bidang yang diperlombakan ada empat, yaitu matematika, biologi, fisika dan kimia. Perlombaan ini dilaksanakan secara daring serta diikuti lebih dari 3000 peserta dengan perguruan tinggi yang berbeda.

Rizal menjelaskan pada kegiatan KNMIPA-PT 2021 ini, ia mewakili Universitas Bung Hatta dalam bidang kimia. Rangkaian proses seleksi dimulai dari proses pendaftaran dan administrasi. Dilanjutkan dengan tes simulasi atau technical meeting. Setelah itu dilakukannya seleksi tingkat wilayah, dimana peserta dibagi menjadi XVI wilayah, Sumatera Barat tergabung dalam wilayah X bersama Riau, Kepulauan Riau serta Jambi. Proses seleksi perlombaan sampai pada tingkat Nasional.

“Rangkaian penyeleksian perlombaan KNMIPA-PT, telah dilaksanakan sejak Mei 2021 mulai dari kegiatan pendaftaran, technical meeting, seleksi wilayah. Dan akan berakhir di seleksi tingkat nasional pada akhir Juli mendatang,” tutur Rizal.

Rizal menambahkan pengumuman lolos KNMIPA-PT ke tingkat Nasional didasari oleh hasil seleksi wilayah yang dilakukan pada 23-24 Mei 2021 lalu. Seleksi dibagi menjadi empat sesi, peserta akan diberikan soal per masing-masing materi bidang perlombaan pada setiap sesinya. 

“Peserta perlombaan mengikuti porses seleksi yang berlangsung selama satu jam dengan pemberian soal pada masing-masing bidang. Pada bidang kimia, hari pertama adalah kimia anorganik dan kimia fisika. Pada hari kedua dilanjutkan dengan kimia analitik, kimia organik serta biokimia,” ujar Rizal. 

Menjadi perwakilan Universitas Bung Hatta pada KNMIPA-PT 2021, Rizal berharap kepada mahasiswa yang berkeinginan untuk mengikuti kompetisi ini pada tahun depan agar mempersiapkan berkas dokumen yang dibutuhkan sedini mungkin. Selain itu juga gencar mencari informasi yang berkaitan dengan hal ini.

“KNMIPA merupakan perlombaan tahunan yang sangat bergengsi di Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, kepada mahasiswa yang berkeinginan untuk mengikutinya tingkatkan semangat belajar dan persiapkan diri sedini mungkin,” tutup Rizal. 

Lisa WP

Artikel Terkait

Statistik Pengunjung

Today5
Yesterday97
This week102
This month3890
Total34865

Who Is Online

1
Online

2022-09-27